Cari Blog Ini

Rabu, 10 April 2013

8 Jenis Kecanduan yang Anda Sendiri Tidak Mengetahuinya

Reko blog's - BANYAK orang berpikir kecanduan itu berkaitan dengan narkoba, alkohol, dan rokok. Tapi dalam beberapa tahun ini, peneliti menemukan adanya kecanduan perilaku yang bisa picu gangguan kesehatan Anda.

Adapun kecanduan perilaku ini merupakan dorongan yang besar untuk terus melakukan hal tertentu, dengan karakteristik makna yang sama mengenai kecanduan, yaitu tidak terkontrolnya tindakan seseoranguntuk terus melakukan sesuatu walau hal itu merugikan diri sendiri.

Sementara itu, beberapa kecanduan tersebut ada yang masih digaris batas normal. Tapi, ada juga yang berlebihan bisa mengganggu kesehatan.

Di bawah ini beberapa jenis kecanduan yang Anda sendiri tidak menyadarinya, sebagaimana dilansir Discovery Fit and Health :

1. Kecanduan bekerja
Kecanduan bekerja ini ialah tidak bisanya mengontrol waktu makan dan tetap asyik bekerja. Hal ini bisa menyebabkan tubuh mudah diserang penyakit.

2. Kecanduan internet
Kecanduan internet ini biasa membuat Anda terus menatap layar komputer dan juga ponsel. Hal ini bisa menyebabkan nyeri pada tulang leher pundak Anda karena terlalu lama menunduk.

3. Kecanduan kopi
Kafein untuk tubuh memang diperlukan sebagai penunjang produktivitas kerja Anda. Namun jika Anda mengonsumsi kafein berlebihan, hal ini bisa memperlambat sistem saraf dalam tubuh.

4. Kecanduan menonton televisi
Pernahkan terlewat acara televisi membuat Anda kesal dan marah? Jika iya, berarti Anda sudah tergolong kecanduan televisi. Selain itu juga, banyak orang menghilangkan stres dengan menonton televisi sampai lupa waktu dan jam tidur. Hal ini tentu bisa menganggu kesehatan Anda.

5. Kecanduan seks
Sesekali melakukan seks sangat baik untuk hubungan dengan pasangan. Namun jika hal ini berlebihan, ini akan berdampak terganggunya kesehatan tubuh Anda. Selalu negative thinking
Orang yang memiliki kecenderungan berpikir negatif, biasanya akan melihat segala sesuatu dalam sudut pandang negative. Hal ini berdampak tidak baik untuk kejiwaan seseorang. Alasannya bila mempunyai harapan, hal itu tidak akan dapat memuaskan Anda.

6. Kecanduan olahraga
Berolahraga memang kegiatan yang menyehatkan, kita semua tahu manfaatnya. Tetapi jika kebutuhan untuk berkeringat membuat Anda menguras semua tenaga, hal ini bisa membuat ketahanan tubuh terganggu.

7. Selalu memencet jerawat
Banyak yang tidak menyadari bahwa memencat jerawat atau menarik kulit wajah secara paksa ini berbahaya. Apalagi jika tangan kita saat melakukan itu kotor, hal ini bisa membuat iritasi pada kulit
Anda.

8. Kecanduan berbelanja
Kecanduan dari suka berbelanja ini bisa dilihat, mereka merasa dengan berbelanja barang-barang membuat perasaan menjadi lebih baik. Tapi bagaimana, bisa dikatakan kecanduan berbelanja atau shopaholic ? Gampang, biasanya mereka berbelanja di luar anggaran keuangan mereka.

Andakah orang itu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar